September 25, 2015

Story as Customer Ojek Online

Assalamualaikum,

Sejak jasa ojek online semarak sekarang ini. Saya pun gak mau ketinggalan untuk mencoba jasa ojek online ini. Awalnya sih yang ada di pikiran tuh "Ih pasti mahal deh tarifnya" atau "ah ribet pake download, pencat-pencet segala". Sampai akhirnya liat disalah satu TL Twitter, bahwa jasa GO-JEK sedang mengadakan promo "CEBAN" ke mana pun dengan batas maksimal jarak 25 km. Tertarik dong pasti dengan promo kaya gitu. Langsunglah download dan pesen GO-JEK buat dianter sampe rumah.

Dan berhasil. Hore!! lebay

Cuma sekarang sedih, promo "CEBAN" sudah berakhir. Diganti sama promo "15 ribu" untuk tarif datar non peak hour. Dan untuk di jam peak hour pukul 4-7 sore dikenakan tarif untuk 6 km pertama  = 15 ribu dan 2500 rp/km di km berikutnya. Simulasinya gini, misalnya jarak tujuan kalian 15 km nih, 6 km nya 15 ribu ditambah 2500 Rp x sisa jarak yaitu 9 km = 22500 Rp. Nah total yang kalian bayar adalah 37500 Rp. Tapi tenang lah kalian gak perlu repot itung sendiri. Semua uda ada simulasinya kok di aplikasi.

Nah untuk menyiasati tarif baru GO-JEK tersebut, saya pun beralih ke ojek sebelah yaitu GRABBIKE. Tarifnya lumayan menguntungkan sih *emak2 gak mau rugi banget ye*. Jadi untuk di jam non peak hour kena tarif datar 10 ribu rupiah saja. Dengan masukin kode promo "NGEBIKEAJA". Dan untuk di jam peak hour kena tarif datar 20 ribu rupiah sajo. Tapi tarif ini hanya berlaku untuk daaeran pengantaran di wilayah Jakarta saja. Untuk di luar wilayah tersebut kena tarif normal. Yang kalau menurut saya tarif normalnya ini jauh lebih mahal dari ojek sebelah.


Berikut review singkat untuk 2 jasa ojek online *berdasarkan pengalaman saya*
GO-JEK
Plus (+)
Drivernya ramah, kalau uda pick up customer langsung telpon untuk tahu posisi customer tuh di mana, gak sok tahu, selalu cerita kalau mereka tuh bersyukur ada aplikasi ojek online kaya gini, berbagi pengalaman hidup, dan selalu mengutamakan safety riding.
Minus (-)
kalau pesen di jam2 peak hour gitu, aplikasi suka eror, dan suka terjadi misskom antara driver ke server dan imbasnya ke customer. Semoga GO-JEK selalu berbenah ya.

GRABBIKE
Plus (+)
Tarif jauh lebih murah dibanding GO-JEK, server aplikasi cenderung stabil.
Minus (-)
Drivernya sok tahu, kalau uda pick up customer gak ada pemberitahuan gitu jadi suka bikin gantung, kalau cerita gitu suka jelekin ojek online sebelah, suka mengeluh kalau jadi driver ojek di perusahaan ini tuh gak menguntungkan. Jadi bete deh saya selama perjalanan. 

Kesimpulannya sih, saya jauh lebih suka naik GOJEK. Para drivernya jauh lebih tanggap melayani orderan yang datang. Dan mereka sudah dibekali oleh tata cara mengemudi yang benar. Kalau kalian gimana cerita naik ojek onlinenya?


Salam,
Dii   

21 komentar:

  1. Suami juga setia di gojek meskipun tarif peak hour-nya udah naik. Bener, karena udah terkesan sama drivernya yang baik2.. Juga karena gojek ini punyanya orang Indonesia, jadi rasanya lebih seneng bagi rejeki ke gojek :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak. karena kesannya yang baik itu pula, jadi males beralih ke ojek sebelah. hehehe

      Hapus
  2. Di Bali juga ada Gojek dan Grabbike....tapi saya belum pernah nyoba, masih nyaman bawa motor sendiri....etapi makasih lho reviewnya bisa jadi gambaran kalau sewaktu2 saya butuh ojek online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya :))
      Bisa dicoba kalau lagi males bawa motor sendiri. He

      Hapus
  3. smoga minus2 yg ada di hojek or grabbike sgra dibenahi ya mak, amiinn

    BalasHapus
  4. ada plus dan minusnya ya Mba

    BalasHapus
  5. Klo gojek ramah ramah yq mak

    BalasHapus
  6. Ah.. Karena aku sudah cukup nyaman pake Gojek, gak nyoba ojek lainnya. Syukur deh gak pernah ada masalah apa-apa sama Gojek. Paling ya driver yang belum hapal jalan ato lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah. Alasan kenyamanan yang susah untuk berpaling ya #eeaakk

      Hapus
  7. Saya kalo naek grab bike gagal terus utk input promonya..
    Lebih nyaman naek Gojek..drivernya pasti tw lokasi tujuan dg pasti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Rata2 driver gojek hapal jalan ya mbak :))

      Hapus
  8. jadi penasaran pengen nyoba pake ojek online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk dicoba mak. Gampang kok navigasinya :))

      Hapus
  9. aku pelanggan gojek pisan. buat anter-anter orderan biasanya (soalnya aku sendiri pakai motor) hehehe.. so far puas sih, tapi kadang suka kesel sama driver gojek yang asal ambil order. posisiku di bekasi, dia ambil order padahal ada di jaktim. kalau buru2 aku cancel aja deh, order lagi qiqiqiqi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Padahal ada minimum jatak pick up loh yaitu 500 meter dari posisi si pengorder. Sejauh ini sih gojek tetep paling baik. Makasih uda mampir Kak Wid :))

      Hapus
  10. Saya belum pernah pakai jasa gituan.. tapi ntar pengen coba pas lagi jalan-jalan keluar kota :D hehe

    BalasHapus